Jumat, 24 Desember 2010

Belajar Disiplin

Berpikir Sistem (system thinking)

Displin ini membantu kita untuk melihat bagaimana merubah system untuk bisa lebih efektif dan berbuat lebih terarah dengan proses alamiah. Suatu cara untuk memikirkan sesuatu dan suatu bahasa untuk menggambarkan dan memahami kekuatan dan keterhubungan yang merupakan bentuk dan perilaku system. Oleh karena itu organisasi dituntut untuk mampu melihat pola perubahan secara menyeluru, dengan cara berpikir bahwa segala usaha manusia saling berkaitan, mempengaruhi, dan bersinergi ^_^

Penguasaan Pribadi (personal mastery)

Penguasaan pribadi adalah suatu budaya dan norma lembaga yang terdapat dalam organisasi yang diterapkan sebagai cara bagi semua individu dalam organisasi untuk bertindak dan melihat dirinya. Penguasaan pribadi juga merupakan cara belajar untuk memperluas kapasitas diri, untuk menciptakan hasil yang kita inginkan dan untuk menciptakan sebuah lingkungan organisasi yang mendorong semua anggotanya untuk mengembangkan diri mereka sendiri sehingga mencapai maksud dan tujuan yang mereka pilih. Menunjukkan kemampuan untuk mendalami visi pribadi, focus, melihat kenyataan denagn objektif. Intinya sih melatih kesabaran.

Pola mental

Suatu aktivitas perenungan, terus menerus mengklarifikasikan, dan memperbaiki gambaran-gambaran internal kita tentang dunia, melihat bagaimana hal itu membentuk tindakan dan keputusan kita.
Visi Bersama (shared vision)
Visi bersama adalah suatu gambaran umum dari organisasi dan tindakan (kegiatan) organisasi yang mengikat orang-orang secara bersama-sama dari keseluruhan identifikasi dan perasaan yang dituju. Tapi tidak semata mata hanya ada satu visi dalam organisaio tersebut karena dibutuhkan visi dalam diri individu untuk mencapai visi organisasi tersebut… … …

Belajar Beregu (team learning)

Belajar tim adalah suatu keahlian percakapan dan keahlian berpikir kolektif, sehingga kelompok-kelompok manusia secara dapat diandalkan bisa mengembangkan kecerdasaan dan kemampuan yang lebih besar daripada jumlah bakat para anggotanya. Ajang belajar beregi sering kali dijadikan utuk tempat berbagi pengetahuan.

Sumber : http://tpers.net/2009/10/lima-disiplin-2/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar